EVALUASI PELAYANAN PUBLIK DAN KINERJA APARAT TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KELURAHAN DADAPREJO KOTA BATU

Authors

  • Zulfaton Zulfaton
  • Aditya Budi Krisnanto

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas Pelayanan Publik dan Kinerja Aparat terhadap vasriabel terikat Kepuasan masyarakat
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sedang mengurus surat-menyurat di Kelurahan Dadaprejo yaitu sebanyak 90 orang. Berdasarkan teknik pengambilan sampel tersebut, diperoleh jumlah sampel (n) dari data time series bulanan selama periode satu bulan, yaitu sebanyak 90 sampel . Pengumpulan data diperoleh dari data primer adalah data warga kelurahan dadaprejo data yang dikumpulkan selama suatu periode / jangka waktu tertentu. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari dokumen dan laporan dari warga kelurahan dadaprejo. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Pengujian Hipotesis secara simultan menggunakan Uji F, Secara parsial dengan Uji t. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Variabel pelayanan publik dan kinerja aparat secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Variabel kinerja berpengaruh secara dominan terhadap variabel kepuasan masyarakat
Kata kunci: Pelayanan Publik , Kinerja Aparat dan Kepuasan masyarakat

Downloads

Published

2020-04-03