IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SMA NEGERI 1 GEDANGAN SIDOARJO

Authors

  • Ertien Rining Nawangsari

Abstract

Pendidikan Inklusif adalah adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang memberikan kesempatan kepada semua peserta didik yang berkebutuhan khusus dan memiliki potensi kecerdasaan dan/atau bakat istimewa untuk mengikuti pendidikan atau pembelejaran dalam satu lingkungan pendidikan secara bersama-sama dengan peserta didik pada umumnya, SMA Negeri 1 Gedangan adalah salah satu sekolah yang ditunjuk oleh Dinas Pendidikan sebagai penyelenggara Pendidikan Inklusif. Pendidikan Inklusif di atur dalam Peraturan Bupati Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Implementasi Pendidikan Inklusif di SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 1 Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Fokus penelitian yaitu: Komunikasi antar Pembuat Kebijakan dan Pelaksana Kebijakan, Sumber Daya yang dimiliki oleh SMA Negeri 1 Gedangan yang meliputi staff, fasilitas, dan keuangan, Disposisi atau watak SMA Negeri 1 Gedangan dalam menerima siswa Inklusif, Struktur Birokarsi.
Hasil penelitian adalah SMA Negeri 1 Gedangan sudah mengimplementasikan dengan cukup baik dan berjalan dengan cukup baik. Karena masih terdapat kendala seperti : komunikasi yang kurang jelas antara pembuatan kebijakan dengan pelaksana kebijakan, kurangnya sumberdaya yang dimiliki mulai dari staf, fasilitas dan keuangan, kurangnya dukungan dari pemerintah. Mesikpun dengan adanya kendala – kendala tersebut kebijakan Program Pendidikan Inklusif tersebut dapat dijalankan dengan cukup baik dan semestinya.
Kata kunci : Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusif

Downloads

Published

2017-05-20