PENGARUH TRUST IN A BRAND TERHADAP BRAND LOYALTY PADA KONSUMEN OBAT FLU MEREK MIXAGRIP DI MALANG RAYA
Abstract
Di pasar obat sudah lama diyakini bahwa konsumen kerap cocok – cocokan dengan obat tertentu. Dan begitu cocok biasanya mereka enggan berganti ke merek lain. Hal itu karena konsumen memiliki trust in a brand pada obat – obat tertentu dan pada akhirnya mereka akan menjadi loyal pada suatu merek. Pemain baru untuk obat flu selalu hadir namun selalu kalah bersaing dengan merek – merek lama yang memang sudah mapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah trust in a brand berpengaruh terhadap brand loyalty. Penelitian ini menggunakan variabel brand characteristic, company characteristic, consumer-brand characteristic , serta variabel brand loyalty. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli dan mengkonsumsi obat flu merek Mixagrip di Malang Raya. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dan untuk pengujian data digunakan analisis SEM. Dari hasil penelitian dan pembahsan disimpilkan bahwa faktor trust in a brand berpengaruh positif terhadap faktor brand loyalty, dapat diterima [siginifikan positif].
Keywords : Trust in a brand, brand loyalty